4 Jenis Kolam Renang Sesuai Desain Berikut Plus Minusnya

Punya ide membuat kolam renang minimalis di rumah? Jika memiliki areal dan budget yang mencukupi, kolam renang minimalis memang bisa jadi tambahan hiburan keluarga yang seru, asyik dan menyehatkan. Supaya fitur kolam renang di rumah maksimal, ketahui dulu jenis dan desain kolam renang minimalis yang paling cocok denganmu!

1. Kolam Renang Diatas Tanah

decorordesign.com

Desain kolam renang minimalis yang satu ini sudah tidak asing lagi kalau di luar negeri. Di Indonesia sendiri, trend kolam renang di atas tanah juga mulai dilirik. Konsepnya adalah wadah besar yang biasanya terbuat dari aluminium atau dinding besi yang diletakkan di atas permukaan tanah berlapis polimer. Desain kolam renang minimalis ini bisa berbentuk bulat, oval atau persegi, dengan ukuran kedalaman sekitar 1,5 meter dan diameter 10 meter.

Keunggulannya :

Pembuatan kolam renang diatas tanah tergolong paling murah di kelasnya, instalasinya juga mudah. Variasi ukuran yang kecil juga bisa dijadikan sebagai kolam renang yang ideal buat anak- anak.

Kekurangannya :

Keluhan utama dari jenis kolam renang ini adalah soal estetika. Hal ini mungkin bisa diatasi dengan membangun dek kayu/ batu di sekeliling kolam renang. Selain itu, ada batasan soal ukuran dan desain kolam renang minimalis ini. Terakhir, daya tahannya juga cenderung tidak lama sekitar 8 – 10 tahun maks tergantung bahannya.

2. Kolam Renang Inground Liner Vinyl

pinimg.com

Prinsip dari desain kolam renang minimalis ini adalah membuat lubang di dalam tanah lalu dilapisi dengan sejenis liner vinyl yang waterproof. Sebelumnya desain kolam renang minimalis juga bisa diperkuat dengan dinding dan alas konkrit supaya semakin stabil. Liner yang umum digunakan adalah polimer atau resin dan sudah diberi rangka.

Baca Juga  Jasa Desain Interior, Cara Cerdas dan Hemat Menata Rumah

Keunggulannya:

Desain kolam renang minimalis ini masih tetap terjangkau karena mudah, walaupun tetap akan tergantung pada ukuran kolam yang diinginkan. Pengerjaannya juga tidak sangat sulit di tangan profesional dan cukup fleksibel. Teknologi modern di aspek material juga memudahkan desain dan kedalaman yang lebih variatif.

Kelemahannya:

Tergantung kualitas liner vinyl atau polimer yang dipilih, material kolam renang bisa beresiko rusak, sobek atau berubah bentuk. Kelemahan lain adalah soal estetika karena hasil instalasi tidak akan terlihat se-elegan bahan lain.

3. Kolam Renang Konkrit

hgtvhome.com

Salah satu desain kolam renang minimalis atau modern yang paling umum, jenis ini terbuat dari bahan konkrit dan dilapisi dengan keramik atau material lain. Tipe ini biasanya bersifat inground alias di dalam tanah dan sering terlihat tidak hanya di rumah pribadi, tetapi juga tempat umum.

Keunggulannya :

Tidak ada batasan ukuran, kedalaman atau desain kolam renang minimalis yang diinginkan. Pemakaiannya juga bisa secara jangka panjang dan bisa menambah nilai properti.

Kelemahannya:

Desain kolam renang minimalis bahan konkrit harus ekstra hati- hati supaya tidak mudah retak atau bocor. Selain itu, perawatannya juga harus telaten untuk menghindari tumbuhnya lumut. Kolam renang konkrit membutuhkan sanitasi khusus dan pengerjaannya cukup lama.

4. Kolam Renang Fiberglass

hubspot.net

Kolam renang fiberglass bisa dipesan secara langsung di pabrik yang memproduksi lalu ditempatkan di dalam tanah yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Jadi pekerjaan lebih kepada landscaping atau pembuatan dek saja. Permukaan fiberglass bersifat halus dan tidak berpori.

Keunggulannya :

Instalasi cepat dan mudah, biaya pengerjaan kolam renang fiberglass juga lebih murah daripada kolam renang konkrit. Daya tahannya termasuk lumayan dan juga lebih aman karena lebih lentur dan tidak sekeras kolam renang konkrit. Perawatan untuk kolam renang ini bisa menggunakan agen klorin dan tidak mudah ditumbuhi lumut.

Baca Juga  5 Warna Cat Dinding Ini Siap Segarkan Interior Rumahmu!

Kelemahannya:

Membutuhkan transportasi ke area pemasangan, jadi ukurannya juga bisa jadi terbatas. Pemasangannya sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli supaya benar- benar pas dan memuaskan.

Bagaimana tertarik untuk punya kolam renang seperti desain di atas?

Yuk segera hubungi Alindra Interior dan klik Order Jasa.

Jangan lupa baca inspirasi desain lainnya di Blog kami yah

Sumber : interiordesign