7 Desain Mushola untuk Rumah Minimalis & Modern

Bagi Anda yang beragama Muslim, pastinya tidak lengkap ya jika di rumah Anda belum ada mushola. Sebuah rumah ideal tentunya harus bisa memenuhi kebutuhan penghuninya, termasuk dalam hal beribadah. Walaupun ibadah salat bisa dilakukan di ruangan lain seperti kamar atau ruang tamu, namun dengan membuat desain mushola minimalis bisa menjadi salah satu cara untuk membuat ibadah menjadi lebih khusyuk.

Tidak perlu ruangan yang besar, Anda tetap bisa mendapatkan ruang mushola yang nyaman dengan desain mushola minimalis. Desain interiornya pun dapat Anda sesuaikan dengan desain rumah secara keseluruhan. Yuk, lihat beberapa inspirasi desain mushola yang nyaman dan bisa Anda tiru.

1. Mushola Serba Putih

Dalam pembuatan mushola, pertimbangkan untuk memilih bahan yang dapat mewujudkan suasana sejuk dan dingin agar mushola bisa digunakan dengan nyaman. Sangat dianjurkan untuk Anda menghindari warna cat mushola yang terlalu terang atau menyala seperti merah dan oranye. Warna-warna tersebut akan membuat ruangan terasa lebih gelap dan pengap serta panas. Sebaiknya, pilihlah warna dinding yang kalem dan natural seperti putih, krem, abu-abu, atau warna pastel lainnya.

2. Gunakan Material Alami

Dekorasi ruangan yang dilengkapi dengan material alami seperti kayu dan bebatuan akan membuat mushola di dalam rumah semakin nyaman untuk Anda gunakan beribadah. Material alami ini juga bisa menekankan konsep modern yang menarik pada mushola. Biasanya, dekorasi ruangan berbahan dasar kayu yang digunakan pada mushola adalah berupa pembatas ruangan, kabinet, lantai kayu, atau hiasan lainnya.

3. Tambahkan Dekorasi Dinding Islami

Kesan religius yang ditampilkan oleh dekorasi berbau islami pada dinding bisa menginspirasi Anda dan keluarga dalam beribadah lho. Coba tambahkan beberapa kaligrafi bertuliskan Allah SWT atau Muhammad SAW, ayat-ayat Al-Quran, serta foto-foto tempat ibadah di dinding mushola. Namun agar mushola tidak terlihat sumpek, pastikan Anda tidak menggantung semua gambar sekaligus. Cukup pilih satu gambar berukuran besar atau dua gambar berukuran kecil. Dengan begitu, ruangan pun akan terlihat lebih luas dan jauh lebih enak dipandang.

Baca Juga  10 Jenis Gorden Minimalis yang Cocok Dihadirkan di Rumah

4. Lengkapi dengan Tempat Berwudu

Ruang ibadah seperti mushola ini tentu tidak akan lengkap jika tidak memiliki tempat wudu. Untuk memudahkan Anda, anggota keluarga atau bahkan tamu yang berkunjung untuk salat, tempatkan juga sarana wudu di mushola. Tak harus banyak-banyak, satu keran air saja sudah cukup kok untuk dijadikan tempat wudu. Namun, Anda harus memperhatikan penempatannya agar tidak ada cipratan air wudu yang membasahi tempat salat. Anda bisa menggunakan pembatas atau sekat ruangan untuk menghindari cipratan ini.

5. Mushola Terbuka

Mushola tak harus selalu berada di dalam rumah dengan desain yang cenderung tertutup. Anda juga bisa menempatkan ruangan ini di bagian belakang rumah yang dekat dengan halaman. Sirkulasi udara yang alami sangat penting agar ruangan tetap terasa segar dan tidak lembab karena AC. Ruangan yang sejuk juga akan membuat Anda lebih khusyuk dan fokus selama beribadah. Selain itu, cahaya matahari juga dapat menghemat energi listrik di siang hari dan menambah kenyamanan pada mushola.

Jangan lupa untuk menambahkan karpet serta sajadah di lantai mushola. Kemudian, simpan juga peralatan salat di sebuah lemari atau kabinet agar tidak mudah kotor saat tak digunakan. Jika memungkinkan, hindari penempatan jendela di arah kiblat karena cahaya matahari terbit akan menyilaukan di waktu subuh.

6. Mushola Dekat Taman

Punya taman mini? Nah, Anda bisa nih membangun mushola di ruangan yang berbatasan langsung dengan taman. Nuansa hijau dari luar ini akan membuat mushola menjadi semakin sejuk dan enak dipandang. Anda dan keluarga pun akan merasa semakin nyaman saat beribadah. Agar tidak terlalu terbuka, Anda bisa membuatnya dengan konsep semi-outdoor. Caranya, batasi mushola dan taman dengan pintu kaca atau sekat yang memiliki celah.

Baca Juga  Tren Interior 2021 dengan Layout Adaptif dan Furnitur Space-Saving

7. Mushola Kecil di Bawah Tangga

Manfaatkan setiap lahan kosong yang sangat berharga di rumah Anda dengan baik dan kreatif. Salah satunya memanfaatkan area di bawah tangga yang biasanya dibiarkan kosong untuk dijadikan mushola minimalis. Sulap area tersebut menjadi mushola yang sejuk dan nyaman. Tidak ada lagi deh ruang kosong tidak terpakai.

Desain mushola seperti apa nih yang akan Anda aplikasikan pada rumah? Yuk, buat mushola paling nyaman untuk kualitas ibadah yang terbaik.

 

sumber : bramblefurniture