Hangat dan Akrab, Inilah 4 Inspirasi Desain Interior Kayu

Hingga saat ini, desain interior kayu merupakan salah satu desain yang banyak digemari oleh khalayak di seluruh dunia. Tak heran, desain interior kayu memang menghadirkan kesan yang berbeda ke dalam ruangan Anda. Nuansa hangat, akrab, namun tetap elegan pun akan Anda dapatkan dari kehadiran padanan material kayu dalam hunian Anda.

houzz

Sayangnya, banyak orang yang salah kaprah dalam penerapan desain interior kayu ini, mengingat banyaknya jenis material kayu baik kayu solid ataupun kayu olahan yang tidak bisa digunakan dalam area yang rentan terkena air, cuaca, atau zat-zat kimia.

Oleh karena itu, penerapan desainnya pun harus sesuai dengan karakter material kayu yang digunakan pada desain interior kayu ini. Jangan sampai Anda meletakkan furniture dengan material kayu yang mudah lapuk di area yang rentan terkena air.

houzz

Untuk perihal tampilan visual, para empunya rumah bisa bebas berkreasi dengan rancangan desain interior kayu yang sesuai dengan karakter, selera, ataupun kebutuhan dari seluruh penghuni rumah. Pasalnya, desain interior kayu tak hanya terkait pada satu penggayaan ruang saja. Anda bisa merancang desain rumah kayu minimalis, namun Anda juga bisa mengadaptasi kesan tradisional untuk desain interior kayu ini.

Sebagai referensinya, Anda bisa mengintip 5 tema desain interior kayu di bawah ini, ya!

1. Tema Skandinavia bagi Desain Interior Kayu

houzz

Desain khas Skandinavia merupakan salah satu desain yang tengah populer belakangan ini. Biasa disebut juga dengan desain Nordik, tampilan dari desain Skandinavia ini melahirkan kesan rileks, akrab, namun memiliki karakter unik tersendiri. Pasalnya, desain Skandinavia ini mengadaptasi suasana alam ke dalam ruangan, salah satunya, dengan penggunaan material kayu.

Baca Juga  7 ALASAN MEMILIH DESAIN CRAFTSMAN UNTUK INTERIOR HUNIAN

Desain interior kayu dengan tema Skandinavia ini memiliki nuansa warna yang netral, monokrom, tetapi “ringan”. Kayu yang dipilih pun merupakan kayu-kayu berwarna muda. Padanan warna yang dipilih untuk menemani desain interior kayu pun merupakan warna-warna yang menghasilkan kesan terang pada ruangan, seperti putih, abu, dan krem.

Selain itu, untuk aksen interior pada desain interior kayu Skandinavia ini juga memiliki karakter tersendiri. Pemakaian motif-motif dengan warna yang senada pun lumrah ditemukan pada desain khas Skandinavia.

houzz

Salah satu contoh dari desain interior kayu khas Skandinavia adalah inspirasi desain interior kayu di atas. Lantai kayu dengan warna muda bertemu dengan furniture-furniture yang juga terbuat dari kayu. Kaki-kaki pada furniture dalam ruangan ini pun didesain dengan sangat khas, sangat mencirikan tema Skandinavia pada ruangan tersebut. Tambahan karpet lebat pada area duduk pun terlihat harmonis dengan desain Skandinavia ini, bukan?

2. Desain Minimalis Rumah Kayu

houzz

Desain minimalis dan desain Skandinavia memiliki karakter yang cukup mirip dan identik. Pasalnya, kedua gaya ruang ini mengusung konsep yang serupa, yakni mengutamakan bentuk-bentuk yang sederhana, minim profil ataupun dekorasi yang berlebih. Tampilannya pun sama-sama menghemat penggunaan ruang dan terkesan lapang.

houzz

Namun, belum tentu semua ruangan berdesain minimalis terlihat seperti desain Skandinavia. Penggunaan warna kayu di desain modern dan minimalis ini lebih variatif, seperti penggunaan warna gelap, ataupun warna terang sebagai aksen focal point.

houzz

Nah, sebagai padanan, pemilihan material “pendamping” pada desain minimalis rumah kayu pun lebih bebas, namun tetap memberi kesan modern, seperti material besi atau stainless steel. Penggunaan kayu biasanya terlihat pada lantai, dinding, furniture built-in, ataupun meja. Penambahan cahaya buatan untuk memberi kesan tersendiri pada ruang pun identik dengan desain minimalis ini.

Baca Juga  6 Prediksi Warna Cat Kamar Tidur yang Akan Tren di 2021
houzz

Anda bisa melihat desain minimalis rumah kayu pada gambar inspirasi di atas. Hal ini terlihat dari pilihan bentuknya yang simpel dan fungsional. Tampilan ruang dengan material yang maksimal menjadi hal yang ditekankan pada inspirasi ini. Jadi, inspirasi desain minimalis rumah kayu tersebut “bercerita” melalui material kayu yang mendominasi beberapa sisi dinding, lantai, bahkan furniture.

3. Adaptasi Kesan Klasik Pada Interior Kayu

houzz

Material kayu tak hanya identik dengan penggayaan modern dan Skandinavian saja. Tentu saja, desain interior kayu klasik merupakan salah satu konsep desain yang sudah bertahan selama berabad-abad. Kesan klasik ini bisa biasanya mengikuti penggayaan Amerika yang lebih terkesan “membumi” dan sederhana.

Biasanya, desain interior kayu dengan kesan klasik bisa Anda lihat dari penggunaan warna material yang identik dengan warna gelap, pemilihan furniture dengan profil yang terkesan ramai, hingga kesan ruang yang terlihat bulky atau penuh. Sebagai warna padanannya pun, desain interior kayu klasik ini lebih sering menggunakan furniture berwarna gelap, baik itu meja, sofa, kursi, hingga lemari.

houzz

Namun, kesan klasik pada desain interior kayu tak hanya terlihat dari furniture yang penuh dengan profil. Sebagai contohnya adalah desain interior kayu pada inspirasi ruang dapur di atas. Kesan klasik terlihat dari penambahan lampu gantung berjenis chandelier tepat di atas kursi dan meja makan yang berdesain simpel.

Tak hanya itu, aplikasi karpet dengan motif floral khas penggayaan klasik Amerika ini juga mempertegas kesan klasik yang dimiliki ruangan pada inspirasi ini. Cantik, bukan?

4. Desain Interior Kayu Country nan Hangat

houzz

Desain interior kayu bergaya klasik cenderung bersifat bersih, dengan material “halus” yang telah dilapisi kembali. Berbeda dengan desain klasik, desain interior kayu bergaya country justru dipenuhi oleh material-material rustic yang masih terkesan kasar. Hal ini diadaptasi dari rumah-rumah pedesaan di Eropa dan Amerika, yang rata-rata merupakan log house.

Baca Juga  Tanaman Hias Untuk Interior Apartemen

Material rustic pada desain country biasanya diaplikasikan secara dominan pada salah satu elemen interior, bisa dinding, furniture, atau bahkan langit-langit. Rustic itu sendiri memiliki tampilan yang seolah masih mentah tanpa finishing, sehingga masih terlihat serat-serat yang jelas, ataupun bekas paku pada permukaan kayu.

houzz

Salah satu inspirasi desain interior country ini bisa terlihat dari gambar di atas. Kesan log house kental terasa pada ruangan ini. Railing-railing berbentuk batang kayu, serta furniture yang juga terlihat terkesan rustic ini merupakan elemen-elemen ruang yang menghadirkan kesan country. Dengan tambahan karpet bermotif, ruangan ini tetap terasa nyaman dan hangat, bukan?

Desain interior kayu merupakan salah satu desain yang mudah diaplikasikan dengan berbagai tema ruang, sehingga Anda bisa merancangnya sesuai kebutuhan dan selera Anda, bukan? Semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda, ya!

Bagaimana tertarik untuk mendesain interior Anda seperti desain interior di atas?

Yuk segera hubungi Alindra Interior dan klik Order Jasa.

Jangan lupa baca inspirasi desain lainnya di Blog kami yah

Sumber : archify