Penataan Ruang Tamu yang Sehat dan Menyegarkan

Penataan ruang tamu yang sehat adalah sebaik-baiknya penataan ruang, sebaik-baiknya cara dan metode bagaimana merancang ruang tamu agar menarik secara visual dan memberi dampak positif.

Penataan ruang tamu mesti mempertimbangkan dampak kesehatan bagi penghuninya. Hal tersebut bukanlah sebuah rahasia dalam desain interior, tetapi merupakan semacam tujuan umum, tujuan utama dari desain interior itu sendiri. Bagaimana memaksimalkan fungsi, estetika dan juga aspek psikologis ruang.

Penataan ruang tamu yang sehat dan menyegarkan bisa sangat rumit dan susah untuk diwujudkan, terutama jika kita tidak mengetahui secara pasti, hal-hal apa saja yang mesti dilakukan.

Mengkreasi ruang tamu agar bisa memberi dampak positif kepada penghuninya tanpa mereduksi fungsi serta estetika adalah pekerjaan sulit. Mengkreasi dan merancang sebuah bentuk ruangan yang benar-benar menjadi sebuah tempat yang layak huni alias liveable, aman, nyaman dan menenangkan, memerlukan perencanaan matang.

Namun, mengutip prevention, dalam Decorating Tips For A Stress-Free Home, Transform your house into a relaxing home, mengkreasi sebuah ruangan yang stress free, alias terbebas dari stres, sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Ide-ide dekorasi ruang yang disampaikan sangat simpel dan tidak sulit untuk diaplikasikan.

Hal tersebut juga bisa menjadi alasan kuat kenapa mendekorasi bagian rumah seperti ruang tamu ataupun ruangan-ruangan lainnya, harus segera dilakukan. Ide dekorasi berikut tidaklah rumit dan mahal, bahkan bisa dibilang minm bajet alias berbiaya rendah. Pilihan bijak untuk menghasilkan suasana ruang yang mampu mengubah suasan hati yang sedang tidak baik menjadi sebaliknya, menghilangkan stressor, dan menciptakan sebuah tempat istirahat yang benar-benar aman dan nyaman.

Berikut 5 hal penting yang harus diperhatikan saat menata ruang tamu agar sehat dan menyegarkan:

Baca Juga  6 Efek Warna Teal pada Desain Interior Beserta Inspirasinya!

1. Penataan Ruang Tamu Kecil

Ada yang mengatakan bahwa kecemasan terbentuk dalam ruang-ruang kecil. Maka untuk dapat mengurangi efek dan membuat ruangan terasa lebih besar, saatnya bertanya pada diri Anda, apakah Anda benar-benar membutuhkan semua barang-barang atau furnitur yang selama ini digunakan?

Segera ambil keputusan lalu pilahlah mana sesuatu yang dianggap penting dan sebaliknya. Pertimbangkan untuk melakukan penataan ruang tamu dengan sesuatu yang terlihat lebih istimewa dengan penggunaan furnitur multifungsi, seperti menempatkan sebuah meja yang juga berfungsi sebagai rak buku. Hal ini cukup penting karena dapat meminimalisir jumlah penggunaan furnitur yang tidak perlu.

2. Pencahayaan yang Terkonsentrasi

Pencahayaan juga telah lama menjadi penelitian yang terintegrasi dalam desain interior. Ia memiliki dampak yang tidak kecil terhadap suasana dan atmosfer sebuah ruang. Pencahayaan berpengaruh dan memberi dampak psikologis.

Saat mendekorasi ruang tamu, Anda harus benar-benar memertimbangkan aspek pencahayaan. Pencahayaan yang terkonsentrasi lebih baik daripada instalasi pencahayaan untuk seluruh ruangan.
Dari segi biaya, model pencahayaan terkonsentrasi bisa jadi lebih mahal, namun semua itu sepadan karena instalasi pencahayaan yang sempurna mampu menciptakan sebuah atmosfer ruang yang segar dan menenangkan.

3. Jalur Pedestrian di Ruang Tamu

Ruang tamu yang sempit akan memberikan ketidakleluasaan saat akan bergerak dari satu titik ke titik yang lain. Ini merupakan problem besar saat mendekorasi ruang tamu ukuran kecil dengan jumlah penggunaan furnitur yang cukup banyak.

Namun dengan hadirnya beragam cara dan bentuk serta model furnitur dengan model yang kompak, Anda dapat dengan mudah dan leluasa mengkreasi jalur itu dengan mudah. Jalur pedestrian sangat penting agar kenyamanan ruang tamu sangat terasa. Penataan ruang tamu yang sehat dan menyegarkan adalah termasuk mengkreasi jalur ini.

Baca Juga  Desain Interior Hotel dengan Gaya Eklektik Modern yang Tampil Mewah dan Penuh Warna

Dapat dibayangkan bagaimana perasaan Anda atau mungkin tamu Anda saat akan bergerak ke area lain atau ke ruangan lain – saat berjalan – mereka terbentur kaki meja atau kursi atau sofa ruang tamu. Bukan sesuatu yang membanggakan melihat situasi kaku dan tidak nyaman seperti itu bukan.

4. Pilihan Warna Interior Ruang Tamu

Masih ingat tentang color psycology? Rupanya hal ini menjadi salah satu alasan penting kenapa skema warna harus menjadi pertimbangan yang tidak boleh sama sekali diabaikan.

Jika Anda hendak mencampur dan memadukan berbagai variasi warna, upayakan agar memiliki warna yang serupa atau selaras. Dan jika Anda menyukai banyak paduan warna, upayakan memiliki pola yang minimum. Penggunaan skema warna yang pas dan tepat, akan menghasilkan suasana dan nuansa ruangan yang menenangkan.

5. Bring Outdoor Inside

Dikelilingi beragam elemen natural seperti tanaman dan atau sejenisnya, dapat memberikan suasana yang natural yang menarik dan memberikan daya dukung dalam interaksi. Riset dan studi yang dilakukan oleh University of Rochester, menemukan bahwa suasana outdoor yang berhasil diadaptasi ke dalam ruangan akan memberikan hal tersebut.

Untuk dapat mengkreasi sebuah rumah yang benar-benar mendamaikan, dekorasi harus benar-benar dipikirikan. Dekorasi, meski dalam kadar yang minimal sekalipun, mampu mengubah suasana ruang sesuai yang Anda idam-idamkan.

Nah, apakah kamu tertarik untuk merubah ruang tamu kamu seperti tips diatas?

Yuk segera hubungi Alindra Interior dan klik Order Jasa.

Jangan lupa baca inspirasi desain lainnya di Blog kami yah…

sumber : interiordesign