Tren Interior 2021 dengan Layout Adaptif dan Furnitur Space-Saving

Memasuki tahun 2021 di masa pandemi, tak hanya tahunnya saja yang baru, tapi kebiasaan gaya hidup pun turut menjadi baru. Pandemi membuat kita banyak beradaptasi dengan berbagai perubahan, salah satunya adalah aktivitas yang biasanya dilakukan di luar rumah, kini harus dijalani di dalam rumah. Mulai dari bekerja, sekolah, hingga belanja barang kebutuhan.

Nah, karena semua kegiatan harus dilakukan di dalam rumah, jadinya rumah pun harus ikut beradaptasi. Selain sebagai tempat berlindung, rumah saat ini juga dituntut untuk dapat memenuhi semua kebutuhan penghuninya.

Namun, kamu nggak perlu khawatir karena ada tren interior 2021 yang mampu menunjang seluruh kegiatanmu selama di rumah. Hanya dengan perubahan kecil yang dimulai dari #SatuSudutDulu bisa menciptakan dampak besar di dalam rumah. Lalu, seperti apa sih tren interior 2021? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Satu Ruangan untuk Berbagai Aktivitas

dekoruma

Selama masa pandemi, sepertinya hunian hampir tidak pernah sepi. Ada ibu yang mengurus rumah tangga, ayah yang bekerja, dan si Kecil yang sekolah. Tenang, kamu tidak perlu menambah ruangan di dalam rumah untuk mengakomodasi semua aktivitas tersebut, kok! Terapkan saja layout adaptif, di mana kamu bisa memaksimalkan satu ruangan untuk melakukan berbagai aktivitas.

Layout adaptif ini dapat kamu terapkan di ruangan mana pun. Misalnya saja, ruang keluarga bisa diubah menjadi ruang kerja sekaligus tempat bermain si Kecil dan area untuk melakukan hobi. Atau bisa juga ruang tamu kamu fungsikan sebagai area untuk berolahraga dan tempat untuk nonton bersama. Yang penting, mulai saja dari #SatuSudutDulu.

dekoruma

Apabila ruangan di rumahmu terbatas, kamu bisa menggunakan layout adaptif dengan konsep open space alias tanpa sekat supaya ruangan jadi terasa lebih lapang. Misalnya, ruang tamu, ruang makan, dan dapur yang dibuat menyatu. Dengan begitu, kamu pun dapat melakukan berbagai aktivitas dengan leluasa sekaligus mengawasi si Kecil selama home learning.

Baca Juga  4 Jenis Kolam Renang Sesuai Desain Berikut Plus Minusnya

Gunakan Furnitur Space-Saving

dekoruma

Pada dasarnya, layout adaptif tadi tidak akan maksimal tanpa penggunaan furnitur fungsional. Oleh karena itu, pemilihan furnitur space-saving yang multifungsi dan compact menjadi kunci untuk dapat beraktivitas dengan nyaman di area terbatas. Selain itu, furnitur space-saving yang dilengkapi dengan storage atau tempat penyimpanan juga penting untuk menjaga kerapian rumah, lho!

dekoruma

Di area ruang tamu, kamu bisa menggunakan sofa, coffee table, dan meja TV yang serba multifungsi, di mana pada beberapa bagian furnitur tersebut terdapat storage untuk meletakkan aneka benda yang sering kali membuat ruangan tampak berantakan dan sempit. Begitu juga untuk kamar tidur, gunakanlah tempat tidur yang bagian bawahnya dilengkapi tempat penyimpanan. Tambahkan juga beberapa rak dinding untuk meletakkan aneka dekorasi.

dekoruma

Nah, untuk ruang makan dan dapur, kamu bisa menggunakan meja makan lipat untuk menyantap hidangan bersama keluarga. Berkat modelnya yang space-saving, sehabis makan kamu bisa melipat meja makan tersebut supaya ruangan jadi lebih lega dan bisa dipakai untuk kegiatan lain. Pilihlah meja makan lipat serbaguna yang juga dilengkapi laci untuk menyimpan peralatan makan. Sangat praktis, bukan?

Ohya, gunakan juga kabinet dapur multifungsi yang tak hanya digunakan untuk menyimpan alat-alat masak, tapi juga untuk berbagai elektronik dapur, seperti oven atau coffee maker. Dengan menggunakan furnitur space-saving, tentu hunian akan jadi lebih efisien dan hemat tempat.

Foyer sebagai Area Higienis

dekoruma

Ada saat-saatnya di mana kamu terpaksa harus pergi ke luar rumah, entah itu untuk kerja tatap muka ataupun sekadar jalan-jalan santai untuk membuang kejenuhan. Oleh karenanya, harus ada area khusus untuk membersihkan diri setelah kamu pulang ke rumah. Kamu bisa membuat foyer dengan memanfaatkan ruang depan antara pintu masuk dan bagian dalam rumah.

Baca Juga  6 Desain Ruang TV Minimalis Ala Skandinavia

Tenang, tidak perlu membatasinya dengan tembok atau triplek, gunakan saja rak fungsional sebagai pemisah ruang. Dengan demikian, kamu bisa menyimpan semua barang yang habis dipakai di luar rumah, seperti tas, sepatu, jaket, atau helm. Sebelum benar-benar masuk ke dalam rumah, bersihkan dulu dirimu menggunakan disinfektan khusus sehingga kamu dapat beraktivitas kembali di dalam rumah dengan lebih leluasa.

Ciptakan Nuansa Hunian yang Nyaman

dekoruma

Selain penataan interior dengan penggunaan layout adaptif dan berbagai furnitur space-saving, kamu tidak boleh melupakan elemen warna pada ruangan. Seperti yang kita tahu bahwa permainan warna dapat mempengaruhi mood dan bahkan bisa menciptakan suasana tertentu.

Nah, pada tren interior 2021 ini, warna-warna yang dipakai adalah warna yang tentunya harus bisa membuat suasana hunian lebih nyaman, mengingat kita akan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Setidaknya, ada tiga palet warna dengan sentuhan nuansa yang berbeda-beda, tapi tetap nyaman.

Suasana Fresh pada Ruangan

dekoruma

Terlalu lama berada di rumah tentu bisa membuat kamu merasa jenuh. Maka dari itu, aplikasikanlah warna-warna yang bisa menghidupkan suasana rumah dan jadi lebih fresh. Warna natural, seperti hijau dengan kombinasi warna kayu memiliki kesan alami yang bisa menyegarkan ruangan. Perpaduan warna tersebut sangat cocok diaplikasikan pada ruangan yang sering kali menjadi tempat kumpul bersama, seperti ruang keluarga, ruang makan, atau ruang tamu.

Recharge Energi di Ruangan Cozy

dekoruma

Setelah selesai beraktivitas seharian, baik itu WFH ataupun mengurus pekerjaan rumah, pasti kamu mau langsung bersantai untuk recharge energi, ‘kan? Nah, supaya waktu relaxing kamu makin maksimal, coba deh aplikasikan perpaduan warna biru muda, hijau tua, abu-abu, serta cokelat tua dan muda. Tidak harus semuanya pada dinding, kamu bisa menghadirkan sebagian sentuhan warna tersebut melalui furnitur space-saving, seperti pada sofa bed, rak dinding, atau coffee table. Palet warna ini punya efek menenangkan yang membuat hunian jadi semakin cozy.

Baca Juga  Cara Mudah Memadukan Dua Gaya Desain Interior yang Berbeda, Tradisional dan Modern

Ruangan Homey dan Warm

dekoruma

Terakhir, kamu bisa menghadirkan nuansa yang hangat pada ruangan melalui warna-warna natural dengan warm tone, seperti cokelat kayu, ivory, atau beige. Supaya lebih dinamis, kombinasikan dengan warna warm yang rona warnanya lebih gelap. Palet warna ini dijamin mampu menciptakan kesan homey pada ruangan dan momen kebersamaan di rumah pun akan terasa lebih hangat.

Seperti itulah tren interior 2021 yang mampu menunjang semua aktivitas barumu di rumah dan tentunya juga memberikan kenyamanan yang maksimal.

Bagaimana tertarik untuk memiliki tren desain interior seperti di atas?

Yuk segera hubungi Alindra Interior dan klik Order Jasa.

Jangan lupa baca inspirasi desain lainnya di Blog kami yah

Sumber : dekoruma