Trik Mengatur Tata Cahaya yang Keren

Indra manusia yang paling dominan adalah penglihatan. Kita tumbuh besar dengan kesadaran penuh akan pencahayaan di sekitar kita, baik alami maupun artifisial. Penglihatan memberi makna pada berbagai sumber cahaya seperti matahari sore yang hangat, meja yang diterangi cahaya lilin, kunang-kunang di malam hari, warna-warni lampion, semuanya terhubung dengan emosi manusia.

Pencahayaan adalah salah satu elemen yang paling sering diabaikan, namun penting dalam arsitektur dan desain interior. Apa gunanya menciptakan ruang yang bagus jika tidak ada cukup cahaya untuk dapat kita nikmati keindahannya? Pencahayaan juga penting untuk menciptakan skala ruang, memberikan sensasi dan suasana sebuah ruang, dan menghasilkan ruang-ruang fungsional di tempat tinggal kita.

Desain pencahayaan yang bagus menjaga keseimbangan tiga pencahayaan utama: ambient, fungsi, dan aksen. Arsitek dan desainer memutuskan rencana pencahayaan berdasarkan kebutuhan ruang individu dan bagaimana menjaga keseimbangan untuk mencapai efek tertentu. Ayo pantengin terus akun ide,listrik akan disajikan beberapa trik keren yang layak dipertimbangkan untuk mengatur pencahayaan rumah anda.

1. Sumber cahaya tersembunyi

Pencahayaan ruang dari sudut pandang tersembunyi berfungsi untuk menonjolkan bentuk atau struktur arsitektur, dan menambah misteri dan kedalaman, terutama untuk ruang-ruang kecil. Pertimbangkan skylight dengan berbagai desain menarik pada bagian atap rumah. Efek pencahayaan alami yang dihasilkannya sangat dramatis. Pencahayaan dibawah tangga memberikan aksen disaat malam dan lampu diplafon yang tidak tidak terlihat memberikan kesan yang menarik disaat malam.

2. Pola tak beraturan

Pencahayaan pada pola grid adalah pendekatan umum dan sangat praktis ketika hierarki cahaya diperlukan atau pada pengerjaan ruang tamu interior. Gunakan pendekatan lebih berani yang menghasilkan efek dramatis yang luar biasa. Namun, berhati-hatilah untuk menggunakan pendekatan ini agar bisa lebih hemat. Anda bisa memadukan pola pencahayaan yang teratur sehingga akan menonjolkan pola yang tidak teratur, sehingga tata cahaya tidak tampak kacau dan berantakan.

Baca Juga  Ide Meja Kerja Kreatif untuk Home Office Anda

3. Kontras yang dramatis

Meskipun banyak teknik pencahayaan bergantung pada penyebaran cahaya, penerangan teatrikal dapat berguna untuk menciptakan hubungan emosional yang unik dengan suatu tempat, mewujudkan makna pentingnya, serta menuntun orang pada sebuah tujuan. Penyaringan cahaya dari atas meningkatkan rasa kekaguman, keheningan, dan kontemplasi.

4. Cahaya alami maksimal

Dalam mengatur pencahayaan ruang, cahaya alami selalu lebih unggul. Cahaya alami memiliki spektrum penuh, terdiri dari beberapa bagian dengan panjang gelombang (warna) cahaya yang hampir sama. Cahaya alami ini paling sesuai untuk indra kita karena secara intuitif kita dapat memahami perubahan waktu siang dan malam.

Kita bisa menggunakan sumber cahaya alami yang bebas melimpah untuk mencerahkan dan menghangatkan kamar tidur. Menempatkan bukaan yang lebih tinggi pada dinding atau atap akan membebaskan lebih banyak cahaya alami ke dalam ruang. Arah hadap jendela akan memengaruhi jenis dan warna cahaya yang masuk. Jendela yang menghadap Utara memasukkan cahaya yang menyebar rata lebih ke arah spektrum cahaya biru. Bukaan yang menghadap Selatan dan Barat memasukkan lebih banyak cahaya yang hangat, tetapi dengan kontras yang tinggi. Anda dapat menggunakan sarana modulasi untuk mencegah silau yang tidak diinginkan, panas berlebihan, dan efek negatif sinar ultraviolet.

Bagaimana tertarik untuk memiliki pencahayaan seperti di atas?

Yuk segera hubungi Alindra Interior dan klik Order Jasa.

Jangan lupa baca inspirasi desain lainnya di Blog kami yah

Sumber : elistrikcom