5 Ide Penggunaan Furniture pada Desain Interior Apartemen Studio

Kamu baru saja berinvestasi pada apartemen studio? Tren hunian apartemen studio yang berukuran kecil semakin banyak digemari oleh para pekerja muda di kota-kota besar saat ini. Tuntutan kehidupan masyarakat perkotaan dengan rutinitas yang padat membuat banyak orang beralih untuk tinggal di apartemen, dibandingkan rumah tapak.

Walaupun demikian, desain apartemen studio rata-rata dibuat dengan mengutamakan kenyamanan dan fungsionalitas tinggi. Demi menunjang kedua fungsi ini, furniture pada apartemen studio pun harus dipilih dengan seksama agar kamu bisa menciptakan ruang yang nyaman, hangat, sekaligus multifungsi. Biar nggak bingung lagi, ini nih tips yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan pemakaian furniture pada apartemen tipe studio.

1. Membuat layout yang pas dengan ukuran living room

Salah satu kunci dalam memaksimalkan fungsi ruang yang kecil adalah dengan berhati-hati dalam memilih furniture yang sesuai dengan ruang dan dapat memenuhi semua keperluan. Apartemen studio menggabungkan beberapa fungsi ruang ke dalam satu ruangan, yaitu ruang tamu, kamar tidur, hingga dapur. Untuk itu, ruangan utama kamu harus memiliki alur yang jelas, dengan penataan furniture. Kamu pun perlu berkreasi dengan tata letak furniture dan menemukan cara terbaik agar setiap sudut ruangan bisa dimanfaatkan dengan baik.

Hindari penggunaan furniture berukuran besar. Pilihlah sofa dengan ukuran medium atau kecil yang sesuai dengan ukuran apartemen studio. Selain itu, sebaiknya jangan gunakan lemari berukuran besar dan gunakan rak dinding minimalis.

2. Memilih style interior yang diinginkan

Tinggal pada apartemen dengan luas yang terbatas tentu akan membatasi kamu dalam banyak hal, namun bukan berarti kamu tidak bisa memasukkan gaya desain yang sesuai dengan kepribadian kamu pada apartemen. Kamu tetap bisa menciptakan area kecil nyaman yang bisa digunakan untuk seluruh kegiatan. Mulai dari gaya modern, minimalis, skandinavian, rustic, atau industrial bisa juga kok terlihat keren dan bergaya di apartemen mungil. Kuncinya adalah dengan membuat solusi penyimpanan yang berlimpah agar apartemen tetap terlihat rapi dan luas, apapun itu gaya desain yang kamu pilih.

Baca Juga  3 Tren Desain Interior Rumah yang Sedang Hype Saat Ini

3. Maksimalkan space dengan furniture

Luas apartemen yang minimal, bukan berarti Anda tidak bisa berkreasi dengan furniture pilihan. Tak hanya itu, pemilihan furniture yang tepat juga bisa menyulap ruangan apartemen Anda terkesan lebih luas lho. Intinya adalah dengan memaksimalkan ruang yang ada dengan furniture yang sesuai. Maksimalkan interior space pada small studio apartment dengan pilihan furniture yang tepat agar space pun bisa terlihat lebih luas.

Tipsnya, jangan gunakan terlalu banyak furniture kecil. Meskipun ruangan apartemen kamu tergolong sempit, bukan berarti kamu harus menggunakan furniture kecil. Terlalu banyak memasukkan furniture kecil juga akan membuat ruangan terkesan sumpek dan berantakan. Sebaliknya, hanya memilih beberapa furniture besar yang esensial justru akan membuat ruangan terkesan lebih lapang.

4. Pemilihan furniture sesuai dengan layout dan style

Ingat, ukuran apartemen studio kamu tidak terlalu besar, maka pilihlah furniture yang tidak memakan banyak tempat. Usahakan pilih furniture multifungsi dengan dua atau tiga fungsi sekaligus. Misalnya sofabed atau stools yang bisa digunakan sebagai tempat duduk dan meja sudut. Furniture-furniture ini akan memberikan nilai lebih pada ruangan kamu. Selain itu, kamu pun tak perlu menyediakan terlalu banyak furniture sehingga bisa menghemat ruangan. Kamu juga bisa menambahkan beberapa aksesoris kecil di dinding yang sesuai dengan gaya ruangan untuk membuat kesan lega.

5. Tambahkan aksesoris dekoratif atau tanaman indoor

Ruangan yang sempit tak menjadi halangan bagi kamu untuk memasukkan tanaman ke dalam hunian. Tanaman hias di dalam ruangan akan membuat udara lebih segar dan nuansa ruangan lebih hidup. Bermain dengan dekorasi interior seperti rugs atau karpet, warna cushion dan interior plants akan memberikan kesan interior yang lebih hidup.

Baca Juga  8 Interior Rumah Warna Pink yang Bisa Bikin Happy

Ada banyak cara untuk mendekorasi ruangan dengan tanaman. Selain menjadi tanaman hias di atas meja, kamu juga bisa mempercantik sudut ruangan dengan tanaman besar, menggantung tanaman, membuat vertical garden, atau bahkan menjadi tanaman sebagai partisi ruangan. Tambahkan pula karpet untuk memisahkan fungsi ruang yang mampu menghangatkan suasana apartemen.

Ukurannya yang tidak luas, membuat kamu harus ekstra cerdas dalam menata furniture apartemen studio. Siasati terus apartemen kamu agar tetap rapi dan nyaman ya.

sumber : https://www.bramblefurniture.com/