7 Inspirasi Panel Dinding, Fitur Menarik untuk Hidupkan Suasana Ruang

Polesan cat, wallpaper tembok bermotif, atau lukisan atraktif menjadi pilihan umum dalam mengolah tampilan dinding. Cara ini dikenal praktis dan hemat ruang karena tidak memerlukan ruang tambahan dan hanya mengandalkan bidang vertikal bangunan. Namun terdapat sebuah fitur menarik yang dapat menjadi alternatif, yakni panel dinding.

Fungsi panel dinding tidak sekadar menambah aksen, pada beberapa kasus panel dinding sengaja digunakan untuk menutupi bagian dinding yang rusak atau kurang rapi akibat sistem pipa dan instalasi kabel listrik.

Banyak orang menghindari penggunaan panel dinding karena pemasangannya yang sulit dan menguras biaya lebih untuk membayar jasa tukang. Padahal, panel ini dapat mengandalkan kreativitas sendiri agar dinding tidak terlihat kosong.

Berikut beberapa rangkuman inspirasi panel dinding yang bisa memberikan sentuhan berbeda untuk interior rumah!

1. Panel kayu hangatkan suasana ruang

home-designing.com

Salah satu jenis panel dinding yang cukup populer digunakan adalah panel kayu. Serat kayu yang nampak memang dapat mendatangkan kesan hangat sekaligus alami ke dalam ruangan, apalagi saat dikombinasikan dengan furnitur kayu.

Panel dinding dengan warna kayu yang lebih muda bahkan bisa memunculkan nuansa modern atau Skandinavia. Tidak harus berupa kayu solid, papan kayu olahan juga bisa dimanfaatkan sebagai panel, tapi memerlukan material pelapis atau finishing kayu agar motif kayunya terlihat lebih menonjol.

2. Gaya klasik dari panel berprofil

houzz.com

Jika motif kayu pada panel sebelumnya lekat dengan kesan hangat, panel dinding yang menampakkan aksen timbul mampu mendatangkan kemewahan gaya desain masa lalu, yaitu gaya klasik. Ruangan dengan panel berprofil nampak lebih berdimensi sehingga cocok diaplikasikan sebagai aksen di ruangan mungil.

Mulanya panel dinding berprofil lebih dikenal sebagai “dado rails,” pelapis timbul yang kerap kali muncul di bagian bawah tangga. Kini, pola profil pada dinding sudah lebih bervariasi seperti panel ini yang biasanya terbuat dari papan gipsum yang dicat untuk menghasilkan tampilan akhir yang diinginkan.

Baca Juga  8 Aplikasi Background Marmer pada Ruangan, Hunian Jadi Berkelas!

3. Lebih elegan dengan panel dari batu alam

home-designing.com

Panel dinding dari berbagai pilihan batu alam dinding mampu menjadi focal point yang memikat seperti yang terlihat pada kedua model panel televisi ini. Keduanya memberikan kesan elegan yang berbeda.

Jika keramik dinding marmer putih lebih terlihat bergaya dan modern, panel dinding dengan guratan marmer yang lebih gelap memberikan kesan dramatis yang lebih kuat.

Untuk perpaduan warna, pastikan kamu memilih warna credenza atau rak display yang sesuai dengan guratan batu alam yang nampak pada panel dinding. Karena berbahan granit atau marmer, pastikan kamu memasang panel ini dengan benar agar tidak pecah dan merusak furnitur lainnya.

4. Panel polikarbonat, pelindung paparan sinar matahari

decoist.com

Jika panel dinding batu alam dirasa terlalu mahal dan lebih sulit pemasangannya, panel dari material termoplastik bisa menjadi pilihan untuk melindungi dinding rumah.

Bahan polikarbonat lebih ringan dan praktis dengan harga terjangkau sehingga dapat diaplikasikan pada bagian dinding yang lebih luas. Selain membuat ruangan terlihat lebih stylish, tampilan transparannya ini cukup untuk meredam paparan sinar matahari.

5. Panel kaca ciptakan tampilan dinamis

home-designing.com

Selain polikarbonat, panel dinding lain yang bisa dipakai untuk memanfaatkan potensi cahaya lami adalah panel kaca. Bentuk serta warna dari jenis kaca ini bisa disusun lebih variatif sehingga menampilkan kesan yang lebih dinamis.

Kekurangan dari panel ini adalah dalam pemasangannya diperlukan kecermatan dan kehati-hatian yang berlebih. Lindungi setiap panel dinding kaca atau cermin yang digunakan dengan kusen kayu agar tidak mudah pecah.

6. Perpaduan warna pada panel

home-designing.com

Kamu bisa menggunakan panel dinding dari gipsum jika ingin menghadirkan perpaduan warna pada dinding dengan lebih bebas.

Baca Juga  5 Tips Menghadirkan Rumah Minimalis Bernuansa Alam

Pemasangan panel dinding pun bisa divariasikan, tidak terlepas hanya dipasang secara horizontal atau vertikal saja. Kedua teknik pemasangan dapat dilakukan secara bersamaan untuk menghasilkan tampilan yang lebih ekspresif, seperti pada susunan panel dinding dengan konsep De Stijl ini.

7. Kombinasi material pada panel

home-designing.com

De Stijl yang berarti The Style merupakan karya yang dihasilkan pelukis kenamaan asal Belanda, Piet Mondrian. Semenjak karyanya dipublikasikan di tahun 1971, De Stijl pun memberikan pengaruh besar untuk dunia desain interior.

Pola segiempat yang tersusun dari warna putih, hitam, dan beberapa warna primer tersebut kemudian marak digunakan pada panel dinding. Pola De Stijl pada panel dinding pun dikembangkan dengan memadukan dua material panel yang berbeda, seperti pada panel dinding ini.

Dari ketujuh inspirasi panel dinding ini, mana yang menjadi favoritmu? Jangan lupa untuk mengecek kondisi dinding sebelum memasang panel dinding pilihanmu. Pastikan dinding dalam kondisi kering sehingga lem material yang sesuai lebih merekat dan panel dinding tidak cepat rusak.

Yuk, olah tampilan dinding di rumah dan nikmati suasana ruangan yang lebih semarak dengan panel dinding!

Tertarik untuk mendesain taman rumah Anda seperti desain diatas?

Yuk segera hubungi Alindra Interior dan klik Order Jasa.

Jangan lupa baca inspirasi desain lainnya di Blog kami yah

Contact Us
Jl. Haji Samali No. 87 E, Pasar Minggu Jakarta Selatan
0812-9631-9557  / (021) 2753 1234

source : dekoruma