8 Inspirasi Taman Dalam Rumah Japandi

Taman sering dikaitkan dengan kesan relaxing. Wajar saja karena taman terdiri dari aneka tanaman hijau dan bunga yang nuansanya asri. Udara terasa segar, pikiran pun jadi lebih rileks. Lokasi taman biasanya dibuat di luar rumah lantaran lahannya lebih besar dan dapat menjadi tempat hinggap serangga yang cantik. Namun, memiliki taman dalam rumah juga tidak kalah serunya.

Kehadiran taman dalam rumah akan memudahkanmu untuk relaxing setiap saat. Tidak perlu berukuran besar, yang penting ada tanamannya dan terawat dengan baik. Seperti 8 taman dalam rumah Japandi berikut ini yang bisa kamu jadikan inspirasi!

Taman Mini dengan Pohon dan Area Duduk

home-designing.com

Taman dalam rumah bisa saja diisi dengan pohon. Akan tetapi, pastikan kalau pohon tersebut berukuran kecil dan akarnya tidak bisa menembus lantai interior, ya! Kemudian, tutupi seluruh permukaan tanahnya dengan rumput. Masih kurang asri? Tambahkan taman vertikal dan tanaman hias merambat yang menjuntai dari lantai atas.

Taman dalam rumah ini juga dilengkapi dengan area mungil untuk meletakkan kursi dan side table minimalis yang senada. Interior Japandi yang didominasi material kayu tampil serasi dengan kehadiran taman dalam rumah ini.

Ruang Khusus Taman

homebnc.com

Jika kamu memiliki lahan yang luas, boleh nih membuat taman dalam rumah menggunakan ruang khusus. Manfaatkan pot tanaman dari kayu yang ditempel pada dinding supaya lebih space-saving. Pot tanaman di dinding ini cocok untuk menanam tanaman herbal atau rempah-rempah pelengkap masakan. Taman dalam rumah ini juga diisi dengan meja dan kursi makan untuk menikmati santapan. Uniknya, bagian tengah meja diberi ruang untuk tanaman hijau berukuran kecil.

Nggak perlu khawatir kalau luas rumahmu terbatas karena kamu tetap bisa menghadirkan taman dalam rumah di ruang khusus dengan ukuran yang lebih mungil. Untuk memudahkan perawatan, kamu bisa memilih alternatif taman kering dengan aneka tanaman kaktus dan bebatuan.

Baca Juga  8 Interior Rumah Warna Pink yang Bisa Bikin Happy

Mungkin kamu tidak bisa meletakkan meja dan kursi makan di dalamnya. Akan tetapi, sepasang kursi space-saving yang diletakkan di sudut ruang taman tidak akan membuat taman dalam rumah mungil ini jadi tambah sempit, kok!

Taman Vertikal di Ruang Keluarga

home-designing.com

Ada lagi solusi untuk pemilik rumah Japandi yang berukuran mungil. Kamu bisa memiliki taman dalam rumah dengan cara menerapkan konsep taman vertikal. Taman ini pada dasarnya berada di permukaan dinding. Taman dalam rumah model ini umumnya dipenuhi dengan tanaman hijau dengan daun yang beragam ukuran. Supaya taman ini jadi fokus utama dan langsung membuatmu rileks, tambahkan bingkai kayu dan indirect lighting.

Bersisian dengan Dapur dan Ruang Makan

dekoruma.com

Mau acara makan bareng keluarga di rumah makin seru, berkesan, dan penuh kehangatan? Buat saja taman dalam rumah di sebelah dapur dan ruang makan, seperti contoh di atas! Dinding taman dibuat menggunakan material batu alam warna cokelat sehingga suasananya makin alami dan hangat. Sementara itu, model yang diterapkan adalah taman vertikal.

Kamu bisa membatasi taman dalam rumah ini menggunakan pintu geser kaca. Saat sedang makan bersama, bukalah pintunya agar udaranya lebih segar. Nah, saat kamu mulai mumet dengan pekerjaan rumah sehari-hari, kamu juga bisa, nih santai sejenak di meja makan sambil menikmati secangkir teh dan udara segar dari taman tersebut.

Taman yang Jadi Dekorasi

lookboxliving.com.sg

Taman dalam rumah Japandi yang satu ini boleh dikatakan cukup menyatu dengan interior. Di sepanjang jendela terdapat pot khusus untuk aneka tanaman. Di sudut lainnya terdapat pohon mini. Selain memberikan dukungan untuk relaxing, taman ini multifungsi juga karena warna hijaunya dapat menjadi dekorasi minimalis di tengah desain Japandi yang serba putih dan menggunakan material kayu.

Baca Juga  Pilihan Gaya Desain Interior yang Cocok Berdasarkan Usia

Tetap Mendapatkan Sinar Matahari

pinterest.com

Ada beberapa tanaman yang kurang cocok diletakkan pada taman dalam rumah lantaran membutuhkan sinar matahari. Jika kamu menghadapi masalah ini, coba buat taman dalam rumah Japandi dengan sirkulasi pencahayaan yang baik, seperti inspirasi di atas yang bagian plafonnya diberi lubang. Tampilannya semakin cantik dengan tanaman menjuntai yang mengelilingi lubang.

Isi Kekosongan di Area Tangga

adsttc.com

Area tangga yang masih kosong bisa disulap menjadi taman dalam rumah. Suasana terasa lebih hidup dan kamu bisa relaxing kapan saja. Pada inspirasi yang satu ini, di bawah tangganya terdapat tanaman berukuran sedang dan kursi dari semen. Di area tengah terdapat sebuah pohon besar yang dipenuhi benalu dan dikelilingi tanaman berdaun besar.

Permukaan tanah taman dalam rumah ini ditutupi dengan bebatuan untuk mengurangi risiko lantai kotor akibat cipratan tanah. Tidak ketinggalan, ada jendela berukuran besar sehingga pencahayaan alami dari sinar matahari bisa masuk dan tanaman tumbuh dengan baik.

Taman Mungil di Sudut Rumah

dekoruma.com

Luas ruangan di rumahmu benar-benar terbatas untuk membuat taman dalam rumah ala Japandi? Tenang, masih ada solusi dengan menghadirkannya di sudut ruangan. Misalnya, di ruang makan mungil. Kamu hanya memerlukan sepetak tanah untuk membuat taman dalam rumah ini, seperti gambar di atas.

Tidak harus menggunakan rumput asli, kamu pun dapat memakai rumput sintetis yang tampilannya natural. Tambahkan kursi dan keranjang multifungsi yang bisa dijadikan pot tanaman hias. Jangan lupa manfaatkan juga permukaan tembok untuk menggantungkan aneka tanaman menggunakan rak dinding ataupun pot gantung. Memiliki taman dalam rumah tidak mustahil, ‘kan?

Mau relaxing saat bangun tidur, ketika lelah bekerja, atau sebelum pergi tidur, ke taman dalam rumah saja!

Baca Juga  Hangat dan Akrab, Inilah 4 Inspirasi Desain Interior Kayu

Tertarik untuk mendesain taman rumah Anda seperti desain diatas?

Yuk segera hubungi Alindra Interior dan klik Order Jasa.

Jangan lupa baca inspirasi desain lainnya di Blog kami yah

Contact Us
Jl. Haji Samali No. 87 E, Pasar Minggu Jakarta Selatan
0812-9631-9557  / (021) 2753 1234

source : dekoruma