Cara Memanfaatkan Area Tersisa Menjadi Ruang Laundry yang Minimalis dan Fungsional

Apakah Anda termasuk orang yang meletakkan mesin cuci di dekat kamar mandi dan melakukan kegiatan cuci mencuci di kamar mandi? Sementara untuk menyetrika Anda melakukannya di ruang tidur, ruang keluarga, atau bahkan di lantai ruangan apapun di dalam rumah? Saatnya memiliki ruang servis khusus, ruang binatu atau ruang laundry di rumah minimalis Anda.

Ruang binatu atau ruang cuci, atau secara umum termasuk ke dalam ruang servis, seringkali terabaikan. Ruangan ini acapkali tidak terlalu mendapatkan prioritas saat merancang rumah. Padahal, dengan memiliki sebuah ruang servis khusus yaang difungsikan untuk kegiatan mencuci, menyetrika baju, atau hal lainnya, bisa menjadikan rumah lebih terorganisir dengan baik.

Memanfaatkan area kecil tidak terpakai yang tersedia, sebenarnya sudah cukup untuk membuat ruang servis ini. Anda tidak memerlukan ruangan besar dan luas. Sebuah area kecil di dekat dapur dan atau kamar mandi pun sudah sangat memungkinkan. Memiliki ruang servis khusus, akan memermudah pekerjaan, terutama yang berhubungan dengan mencuci dan menyetrika.

Berikut adalah beberapa poin penting, hal-hal yang perlu diperhatikan saat merancang sebuah ruang servis, ruang laundry kecil minimalis di rumah Anda.

Perhatikan Tata Letak, Posisi, dan Lokasi Ruang Laundry

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan merancang sebuah ruang servis adalah poisisi atau lokasi.

Ruang cuci dan setrika bisa sangat pas dan cocok di sekitaran basement dan atau dekat garasi. Area dekat garasi bisa jadi posisi yang pas karena agak jauh dari ruangan lainnya, sehingga suara bising dari area ini, terutama dari mesin cuci, tidak akan mengganggu kenyamanan.

Atau Anda bisa mencobanya di dekat dapur atau area dekat teras belakang. Ini akan sangat memermudah Anda saat menjemur dan juga memudahkan membersihkan setelah aktivitas mencuci.

Baca Juga  5 Jenis Batu Alam untuk Mempercantik Interior Rumah

Ruang servis, ruang laundry, atau ruang cuci setrika, haruslah memudahkan dan membuat kita nyaman saat beraktivitas di dalamnya.

Minimalis

Memiliki ruang khusus cuci setrika berukuran besar, penggunaan perabotan berukuran besar pun tentu tidak akan menjadi masalah. Namun, jika ruangan yang akan dibuat adalah dengan memanfaatkan area sisa, minimalis adalah kuncinya.

Minimalkan penggunaan semua perabotan, perlengkapan, dan berbagai dekorasi yang diinginkan.

Ini penting. Merancang sebuah ruangan kecil agar nyaman dan fungsional selain dengan gaya minimalis, rasanya agak sulit dilakukan.

Bentuk L

Jika ruangan sedikit memanjang, perabot berbentuk L sangat pas untuk mendapatkan ruang kerja yang dibtuhkan.

Seperti terlihat di gambar, pada sisi yang lebih pendek Anda dapat meletakkan sebuah mesin cuci. Sementar untuk sisi lainnya, Anda bisa memiliki sebuah lemari, dan tentu saja area setrika.

Jika membutuhkan tambahan ruang penyimpanan, maksimalkan setiap sudut ruang, dan kabinet lemari agar tersedia ekstra storage untuk berbagai keperluan.

Lemari

Seperti disinggung sebelumnya, tentu cukup banyak peralatan dan kebutuhan akan area penyimpanan di ruang laundry. Itulah sebab, sebuah lemari dengan kabinet-kabinet, terbuka maupun tertutup, sangat diperlukan.

Lemari dengan laci, kabinet, terbuka ataupun tertutup, sangat direkomendasikan. Di dalamnya, Anda bisa menyimpan berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk ruang laundry minimalis Anda.

Tertarik untuk punya laundry room seperti di atas?

Yuk segera hubungi Alindra Interior dan klik Order Jasa.

Jangan lupa baca inspirasi desain lainnya di Blog kami yah

sumber : interiordesign