Tanaman Hias Untuk Interior Apartemen

Tinggal di apartemen kerap diasosiasikan dengan konsekuensi ruang yang lebih terbatas. Termasuk, tidak adanya lahan yang memadai untuk ruang terbuka pribadi. Kondisi ini yang kemudian membangkitkan risiko kebosanan atau rasa jenuh. Oleh karena itu, diperlukan solusi yang sederhana tetapi berdampak nyata bagi kenyamanan tinggal di apartemen. Solusi yang bisa Anda pilih adalah menghadirkan tanaman di dalam ruangan apartemen.

Beberapa jenis tanaman memang mampu beradaptasi dengan lingkungan dalam ruang alias indoor. Keberadaan tanaman di dalam ruang seperti ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas udara. Tetapi lebih dari itu, untuk keperluan apartemen, tanaman yang memiliki keindahan visual juga menjadi perhatian khusus. Ruangan apartemen yang umumnya tidak begitu besar juga menjadi pertimbangan lain untuk memilih jenis tanaman hias indoor yang cocok. Nah, sebagai referensi, berikut beberapa pilihan tanaman interior yang cocok untuk penghuni apartemen.

1. Lidah mertua

unsplash.com

Memiliki bentuk daun berkarakter kuat, tanaman lidah mertua adalah pilihan tepat untuk penghuni apartemen. Alasan mengapa tanaman yang akrab pula disebut sansevieria ini cocok bagi penghuni apartemen adalah, sifatnya yang bandel alias tidak membutuhkan perawatan ekstra. Bahkan, untuk penyiraman, lidah mertua juga tidak perlu setiap hari disiram, melainkan disesuaikan saja dengan kondisi kelembapan tanahnya. Dari segi bentuk, lidah mertua juga sangat estetik sebagai dekorasi interior.

2. Tanaman dolar

unsplash.com

Tanaman mudah perawatan berikutnya adalah tanaman hias dolar (ZZ Plant). Jenis ini dikenal sebagai tanaman rambat yang biasa dipakai untuk mengisi dinding luar bangunan. Tetapi menariknya, tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman hias indoor dengan meletakkannya di dalam pot. Sangat cocok untuk penghuni apartemen, karena tanaman ini sangat mudah dalam perawatan dan tidak mudah mati.

Baca Juga  Desain Rumah dengan Sentuhan Warna-Warni Pop yang Lucu

3. Spathipyllum

unsplash.com

Tidak banyak pilihan tanaman indoor yang memiliki bunga. Hal ini lantaran tanaman berbunga lumrahnya membutuhkan cahaya matahari ekstra. Namun, tidak dengan Spathiphyllum atau dikenal pula dengan nama peace lily. Tanaman ini justru masih bisa beradaptasi dengan lingkungan tertutup. Agar cahaya matahari tetap didapat, Anda bisa menyiasatinya dengan meletakkan Spathiphyllum di dekat jendela.

4. Monstera variegata

unsplash.com

Tanaman monstera kini sangat digemari, baik oleh pecinta tanaman ataupun bukan. Tanaman ini memang sangat cantik dengan daya tarik dari daunnya yang lebar dan bentuk yang khas. Namun, monstera tidak hanya yang berdaun hijau saja. Ada pula monstera dengan daun berwarna hijau bercampur putih. Warna ini tentu sangat menarik mata dan akan membuat tampilan interior apartemen Anda jauh lebih menawan.

5. Sukulen

unsplash.com

Bagi pecinta tanaman indoor, sukulen tentu bukan hal baru. Sukulen sendiri ada banyak jenisnya, sehingga pilihannya menjadi lebih variatif. Keunggulan dari sukulen bagi penghuni apartemen adalah tanaman ini tidak perlu perawatan khusus. Bahkan, karakternya mirip dengan kaktus, yaitu tidak membutuhkan penyiraman intens demi menjaga media tanamnya tetap kering.

6. Kaktus

unsplash.com

Dikenal sangat bandel dan tidak butuh perawatan ekstra, kaktus sangat cocok bagi penghuni apartemen yang tidak memiliki waktu rutin untuk merawat tanaman. Jenis kaktus juga sangat beragam, baik bentuk hingga ukuran. Menariknya, kaktus kecil juga bisa dikreasikan menjadi dekorasi yang cantik, lho. Yaitu dengan menjadikannya tanaman terarium.

7. Sirih gading

unsplash.com

Jika Anda menginginkan tanaman indoor apartemen dengan suasana yang rimbun, Anda dapat memilih sirih gading. Tanaman ini bahkan bisa dijadikan tanaman gantung, karena karakternya yang menjuntai atau membiarkannya merambat di dinding ruang. Menariknya, sirih gading tidak hanya bisa tumbuh di media tanam tanah, melainkan juga bisa diletakkan di media tanam berupa air.

Baca Juga  7 Hiasan Dinding Kamar ala Japandi

Ragam pilihan jenis tanaman di atas hanyalah sebagian kecil saja dari tanaman yang bisa dipilih untuk interior apartemen. Meskipun umumnya tidak membutuhkan perawatan intensif, tetapi Anda juga selayaknya tetap melakukan perawatan yang baik sesuai karakter dari masing-masing tanaman.

Apa Anda tertarik untuk mendesain apartemen Anda dengan tanaman hias seperti diatas?

Yuk segera hubungi Alindra Interior dan klik Order Jasa.

Jangan lupa baca inspirasi desain lainnya di Blog kami yah

sumber : arsitag